-->

Gabungkan Scan Dokumen kertas F4

Helo sahabat netizen semua, langsung saja ya ke topik bahasan kita di artikel ini tentang cara menggabung hasil scan dokumen contoh kasus disini ukuran F4 atau kertas ukuran legal atau mukin lebih besar lagi dari ukuran scanner yang kita gunakan, memang kita sudah tidak asing lagi yang namanya scanner bahkan printer yang kita gunakan sudah dilengkapi dengan scanner juga biasanya hanya saja scanner pada printer itu hanya terbatas pada ukuran kertas A4 sahaja.

Pada saat ini kita banyak dituntut untuk keperluan administrasi diperlukan soft file dalam bentuk jpg atau dalam format lain seperti pdf, tidak sedikit file yang dibutuhkan itu berukuran panjang seperti pada contoh scan dokumen SKCK, Scan Dokumen Transkrip Nilai, Scan Dokumen Ijazah dan lain sebagai nya. Karena keterbatasan tersebut disini tak jarang kita melakukan scanning 2x dengan cara scan bagian atas dan scan lagi halaman bawah dokumennya trus kita gabungkan dengan rapi di aplikasi word atau aplikasi photoshop.

Sebenarnya cara diatas itu sudah benar dan sering saya gunakan, dan di artikel saya ingin berbagi sedikit cara mudah untuk menggabung hasil scan dari 2 gambar scan menjadi 1 softfile utuh secara otomatis dan praktis, pertama-tama teman-teman siapkan dahulu aplikasi Adobe Photoshop.

Disini saya memiliki contoh hasil dokumen Ukuran Poster kita akan coba dengan ukuran yang ekstra besar, dan di scan 4x untuk mendapatkan seluruh gambar dokumen.

  Gambar Scan Dokumen A4 di setiap gambar 


Sekarang kita akan menggabungkan ke empat gambar tersebut dengan fitur Photo Merge di Aplikasi Adobe Photoshop disini saya menggunakan Aplikasi Adobe Photoshop CC 2020
Langkah-langkahnya sebagai berikut :
 
1. Buka Aplikasi Adobe Photoshop
2. Pilih File -> Automate -> Photomerge

3. Browse file yang akan digabung

 
4. Pilih Auto saja terus Klik OK

5. Selesai, Tunggu saja proses penggabungannya selama beberapa menit dan save saja


Jika ingin scan seperti SKCK atau dokumen lainnya yang ukuran kertas F4 atau legal tinggal disesuaikan saja caranya masih sama

Semoga Bermanfaat :)

0 Response to "Gabungkan Scan Dokumen kertas F4"

Post a Comment

Windows

Komputer

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel